Cara lain bila tanpa penetrasi

Seks adalah ekpresi cinta bagi pasangan suami istri. Dan bisa dilakukan meski istri sedang hamil. Tapi jangan sembrono atau melakukan seks secara berlebihan.

Apa yang boleh dan apa yang tidak? Konsultasilah dengan dokter terlebih dahulu, sebab dokterlah yang memahami kondisi kehamilan sehingga tahu apa yang boleh dan apa tang tidak. Termasuk aktivitas seksual yang harus dilakukan.

Apabila kehamilan dinilai normal, hubungan seks dapat dilakukan sampai usia kehamilan mencapai 8 bulan. Menurut ahli kandungan Dr Hasnah Siregar SpOG dalam healthylife ( Juni 2006 ), bila dilakukan lebih dari itu dapat terjadi kontraksi sehingga mendorong kehamilan prematur.

Kenapa bisa begitu? Karena sperma mengandung hormon prostaglandin yang bisa merangsang kontraksi.

Bagi wanita yang pernah bermasalah seperti keguguran atau melahirkan prematur, mereka harus lebih dahulu konsultasi dengan spesialis kandungan. Lebih lagi apabila mulut rahim pendek ( cervix incompetence ) dan ari-ari di bawah ( placenta previa ).

Bila salah satu mengajak berhubungan badan, bicarakan bagaimana melakukan itu dengan posisi yang nyaman dan memuaskan semua pihak. Carilah gaya berhubungan intim yang nyaman. Dapat juga dilakukan dengan tanpa melakukan penetrasi, misal dengan seks oral atau masturbasi.