Vagina juga dapat kena varises

Varises membuat kaki tidak lagi mulus dan indah. Mana mungkin ada lelaki suka melihat benjol-benjol pembuluh darah pada kaki yang sebenarnya mulus.

Ehhhh, varises yang menyebalkan itu juga ternyata juga dapat terjadi pada vagina. Menurut Dr. M Prabawa SpOG, seperti diungkap dalam Sehat Plus ( Agustus, 2006 ), gejalanya memang samar, diantaranya ada sesuatu yang menonjol pada dinding vagina dan berwarna biru. Kadang juga dibarengi dengan rasa ngilu. Terasa cepat lelah, nyeri dan sakit saat melakukan hubungan seksual.

Namum Prabawa memberikan tips berikut ini agar ibu hamil terhindar dari varises. Misal, jangan berdiri atau duduk terlalu lama. Pijat kaki dan sesering mungkin mengangkat kaki ketika duduk. Ini untuk mengurangi beban yang harus ditopang oleh tubuh dan juga membuat aliran darah di kaki jadi lancar.

Kenakan kaus kaki penopang varises ( bentuknya mirip stocking ) setiap pagi sebelum bangkit dari tidur. Banyak istirahat, terutama berbaring menyamping ke sisi kiri tubuh. Posisi ini membuat aliran darah balik menuju jantung jadi tidak tertekan. Dan saran terakhir Prabawa, rajin-rajinlah bersenam hamil.